• Sabtu, 1 Oktober 2022

Maulid Nabi: Harta Rampasan Perang saat Zaman Nabi Muhammad ﷺ, Pembagiannya Sudah Ada Aturan Tetap

- Jumat, 23 September 2022 | 17:17 WIB
Ilustrasi Harta Rampasan Perang.   (Foto.  Shutterstock)
Ilustrasi Harta Rampasan Perang. (Foto. Shutterstock)

BABAD.ID – Tulisan ini dibuat khusus untuk memeringati Maulid Nabi Muhammad ﷺ yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal, pada tahun ini tepat di tanggal 08 Oktober 2022.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Libra, Sabtu, 24 September 2022: Kesehatan, Cinta dan Karir

Tulisan ini akan memuat perjalanan Nabi Nabi Muhammad ﷺ saat Rasulullah kembali ke Madinah melewati Wadil Qura hingga berhasil menaklukkannya namun ada kejadian yang berkaitan dengan harta rampasan perang.

Dikutip dari Kitab Al-Fushul fi Siratir Rasul karya Imam Ibnu Katsir sebuah riwayat menyebutkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ sempat berperang di sana, wallaahu a'lam.

Baca Juga: Synchronize Fest Bakal Sediakan Area Prioritas untuk Penyandang Disabilitas

Riwayat tersebut menulisakan bahwa ketika seorang budak Rasulullah bernama Mid’am menurunkan pelana hewan tunggangan Rasulullah.

Tetiba sebilah anak panah yang tidak diketahui arah datangnya melesat cepat dan mengenainya sehingga ia meninggal karena budak itu.

Baca Juga: Daftar OTT KPK di Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi

Orang-orang berkata pun berujar "Berbahagialah ia karena telah memperoleh mati syahid, ya Rasulullah,".

Lalu Nabi Nabi Muhammad ﷺ  menanggapi orang-orang itu dan bersabda "Tidak, sama sekali tidak! Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya kain tebal yang dia ambil dari harta rampasan, sementara ia tidak berhak memperoleh bagian dari harta tersebut dan akan menjadi api yang menyala-nyala dan membakarnya kelak,”

Halaman:

Editor: Fareh Hariyanto

Sumber: Sirah Nabi Muhaamad - Ibnu Katsir

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X