• Selasa, 29 November 2022

Maulid Nabi : Khalid bin Walid Panglima Perang yang Mampu Mengalahkan Romawi di Mu'tah

- Sabtu, 24 September 2022 | 20:55 WIB
Ilustrasi: Pasukan berkuda saat perang Badar. (Akun ha11ok, Pixabay.com)
Ilustrasi: Pasukan berkuda saat perang Badar. (Akun ha11ok, Pixabay.com)

BABAD.ID - Tulisan ini dibuat khusus untuk memeringati Maulid Nabi Muhammad ﷺ setiap tanggal 12 Rabiul Awal, pada tahun ini tepat di tanggal 08 Oktober 2022.

Tulisan ini merupakan kelanjutan saat Nabi Muhammad ﷺ mengirimkan panglima-panglima perang (beserta bala tentaranya) ke Mu'tah pada tulisan sebelumnya.

Baca Juga: Ramalan Virgo, Minggu, 25 September 2022: Kesehatan, Cinta dan Karir

Dikutip dari Kitab Al-Fushul fi Siratir Rasul karya Imam Ibnu Katsir sebuah riwayat menyebutkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ pada bulan Jumadil Akhir tahun 8 H mengirim panglima-panglima perang beserta bala tentaranya ke Mu'tah.

Saat para pasukan akan meminta Nabi Muhammad ﷺ untuk mengirimkan bala bantuan. Abdullah bin Rawahah berseru: "Hai kaum! Demi Allah, apa yang selama ini kalian cari sudah ada di depan mata (mati syahid),”

Baca Juga: Produk Impor Ilegal Senilai Rp11 Miliar Dimusnahkan oleh Kemendag RI

Ia melanjutkan “Kalian memerangi ummat manusia bukan hanya dengan jumlah personel atau dengan kekuatan, melainkan juga karena membela agama y ang karenanyalah Allah telah memuliakan kita. Berjuanglah, sesungguhrryayangadahanyalah salah satu dari dua kebaikan: menang atau mati syahid."

Baca Juga: Pepatah Jawa 'Jer Basuki Mawa Beya', Ini Arti dan Penjelasannya

Orang-orang menyetujui perkataan beliau itu, maka mereka pun bergerakat, setelah tiba di Thukhum al-Balqa', pasukan kaum Muslimin bertemu dengan pasukan Romawi.

Tentara kaum Muslimin singgah dan bermukim di pinggiran kampung Mu-tah, sedangkan tentara Romawi berada di kampungyangbernama Masyarif.

Halaman:

Editor: Fareh Hariyanto

Sumber: Sirah Nabi Muhaamad - Ibnu Katsir

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Tata Cara Sholat Gerhana Bulan

Selasa, 8 November 2022 | 13:28 WIB
X