• Selasa, 29 November 2022

Maulid Nabi : Bertemu Nabi Muhammad ﷺ , Saudara Ummu Salamah masuk Islam

- Jumat, 30 September 2022 | 18:55 WIB
Makkah pada masa dulu.   (Foto. Commons.wikimedia.org)
Makkah pada masa dulu. (Foto. Commons.wikimedia.org)

BABAD.ID – Tulisan ini dibuat khusus untuk memeringati Maulid Nabi Muhammad ﷺ setiap tanggal 12 Rabiul Awal, pada tahun ini tepat di tanggal 08 Oktober 2022 mendatang.

Tulisan ini merupakan kelanjutan saat Nabi Muhammad ﷺ saat melakukan penaklukan Kota Makkah dimana kala itu kaum Quraisy sempat mengutus Abu Sufyan  dan melakukan perjalanan hingga tiba di Madinah untuk memperbarui perjanjian.

Baca Juga: Menilik Stasiun Kabel Telegraf Bawah Laut Pertama Indonesia yang Ada di Banyuwangi

Dikutip dari Kitab Al-Fushul fi Siratir Rasul karya Imam Ibnu Katsir sebuah riwayat menyebutkan saat Saat Rasulullah ﷺ bersiap-siap untuk berangkat ke Makkah.

Beliau memohon kepada Allah agar merahasiakan kepergiannya itu atas kaum Quraisy dan Allah mengabulkannya.

Oleh karena itu, ketika Hathib bin Abi Balta'ah menulis surat rahasia untuk penduduk Makkah yang berisi kabar tentang kebulatan tekad Rasulullah ﷺ untuk memerangi mereka.

Baca Juga: Kelahir Bayi di Bulan Maulid, Ingatkan Orang Tua untuk Mendidik Anak Dengan Sebaik-baiknya

Di mana Hathib mengirimkan surat itu melalui seorang wanita dengan anggapan bahwa pemberitahuan itu merupakan hal yarg menurutnya baik dan membawa maslahat baginya.

Lalu Rasulullah ﷺ menerima alasan Hathib, bahkan membenarkannya, karena ia termasuk salah seorang peserta Perang Badar dan bai'at Hudaibiyah.

Maka Rasulullah mengirim'Ali bin Abi Thalib, az-Zubair, dan al-Miqdad untuk menangkap wanita itu di Raudhah dan mengambil surat tersebut darinya.

Halaman:

Editor: Fareh Hariyanto

Sumber: Sirah Nabi Muhaamad - Ibnu Katsir

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Tata Cara Sholat Gerhana Bulan

Selasa, 8 November 2022 | 13:28 WIB
X