BABAD.ID – Masyarakat kini Tengah mengalami transformasi digital dalam kegiatan perbankan, misalnya aktivitas belanja daring dan pembelian barang secara luring yang menggunakan pembayaran digital.
Karena ini masih tahap awal, maka tidak bisa dipungkiri bahwa belum semua segmen memiliki literasi digital, khususnya terkait perbankan digital.
Untuk itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI senantiasa menyediakan cara agar seluruh segmen nasabah bisa mendapatkan akses layanan perbankan.
Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan bahwa BRI senantiasa berupaya membawa efisiensi dalam operasional BRI dengan berbagai strategi digitalisasi.
Saat ini BRI tengah menerapkan konsep hybrid bank, memastikan masyarakat yang belum terlalu familiar terhadap digitalisasi bisa tetap terlayani.
"Dan ternyata kita punya riset, kita punya survei, bahwa masyarakat micro finance di Indonesia itu, pertama mereka sudah paham dengan alat-alat digital, dengan gadgetnya, tapi mereka kurang paham dengan produk keuangan digital," ujarnya.
Baca Juga: Punya Ayam dan Telur? Yuk Buat Resep Chicken Egg Roll Ala Hokben, Bikin Sendiri Pasti Lebih Puas
Menyikapi hal itu, BRI menyediakan layanan digital yang dikombinasikan dengan manual, atau disebut dengan hybrid.
Yang paling sering kita temui contoh hybrid bank strategy adalah AgenBRILink. Agen ini mampu menjawab karakteristik nasabah mikro.
Dalam pelaksanaannya, AgenBRILink selalu siap melayani kebutuhan masyarakat sekalipun dalam periode hari libur, karena lokasi dan ketersediaannya bersebelahan langsung dengan masyarakat.
Baca Juga: Resep Tumis Tauge Ikan Asin Ala Warung Makan Sunda, Rasanya Enak, Porsinya Banyak, dan Murah Banget
Hadirnya AgenBRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur yang sudah disediakan, misalnya pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya.
Saat ini, BRI telah memiliki 666 ribu AgenBRILink yang tersebar di lebih dari 59 ribu desa.
Jumlah tersebut tercatat telah mengcover 80% dari total desa di Indonesia.
Artikel Terkait
Hari Ini, Sunarso, Dirut BRI Akan Menjadi Pembicara dalam Ajang ASEAN Indo Pacific Forum
AIPF 2023: Dirut BRI Beberkan Inovasi dan Strategi Pemberdayaan UMKM Hadapi Tantangan Ekonomi ASEAN
Berkomitmen Dalam Mendukung AIPF 2023! Ini Jurus BRI Dukung Pemerintah Menuju Ekonomi Rendah Karbon
BRI Siap Sukseskan Target Transisi Energi dengan Bukukan Green Loan Sebesar Rp 79,4 Triliun
Keren! Keberhasilan Holding Ultra Mikro: BRI, Pegadaian, dan PNM Lampaui Ekspektasi dalam 2 Tahun Terakhir