BABAD.ID - Dua raksasa live shopping, TikTok Live dan Shopee Live, tengah bersaing sengit untuk mendominasi pasar di Indonesia. Pertarungan ini menjadi berita fenomenal yang menarik untuk diikuti. Pertanyaannya, apakah strategi Shopee yang telah lebih dulu merajai pangsa pasar e-commerce bisa mengalahkan sang pemain baru TikTok Live? Ataukah sang pemain baru TikTok Live yang berasal dari platform media sosial bisa mengalahkan raja e-commerce Shopee?
Jika diperhatikan lebih seksama, terlihat bahwa Shopee Live difokuskan untuk membawa pengalaman berbelanja yang interaktif dalam ekosistem e-commerce Shopee di Indonesia. Di sisi lain, TikTok Live adalah bagian dari platform media sosial TikTok yang lebih menitikberatkan pada konten kreatif seperti musik, tarian, tips, dan komedi.
Melihat hal ini, fitur live shopping dari platform e-commerce seperti Shopee Live lebih sesuai untuk brand dan penjual yang ingin meningkatkan penjualan. Traffic yang datang ke Shopee Live sudah memiliki rencana dan niat berbelanja, berbeda dengan traffic di TikTok Live yang bercampur dengan mereka yang hanya mencari hiburan.
Tiktok Live butuh strategi lebih baik dalam persaingan platform live streaming. Hasil riset Populix "Memahami Ekosistem Belanja Live Streaming di Indonesia" bulan Juni lalu menunjukkan 69% responden lebih memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, jauh melampaui TikTok Live (25%). Selain itu, Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang lebih diingat oleh masyarakat dengan 60% responden, sedangkan TikTok Live hanya mendapatkan 30%.
Data penggunaan platform live streaming menunjukkan bahwa Shopee mendominasi pangsa pasar baik dalam jumlah transaksi maupun nilai transaksi. Dalam 6 bulan terakhir, Shopee mencatatkan pangsa pasar tertinggi dalam jumlah transaksi (56%), jauh mengungguli TikTok Live (30%). Begitu juga dalam pangsa pasar nilai transaksi, Shopee menduduki peringkat pertama dengan 54% dibandingkan TikTok Live (31%).
Fenomena ini sejalan dengan preferensi masyarakat Indonesia dalam berbelanja melalui live streaming, di mana salah satunya adalah mencari Live Shopping dengan penawaran yang paling menarik. Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu pada pencarian promosi atau penawaran yang menarik. Promo-promo yang paling diminati oleh masyarakat adalah gratis ongkir (91%), diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34%), dan exclusive product launch (20%).
Adapun persebaran preferensi terhadap penawaran menarik untuk masing-masing pemain:

Dari riset, terlihat bahwa Shopee Live lebih unggul dari TikTok Live. Keunggulannya terletak pada fitur live streaming yang lengkap dengan harga terjangkau, promo besar, serta diskon dan cashback terbesar.
Terus Mendominasi, Shopee Live Lebih Unggul Ketimbang TikTok Live
Dalam siaran pers mengenai kesuksesan kampanye 9.9, Shopee menegaskan bahwa minat masyarakat terlihat dari peningkatan signifikan dalam penonton Shopee Live yang meningkat 7 kali lipat, dan penjualan produk yang meningkat lebih dari 30 kali lipat selama puncak kampanye dibandingkan dengan hari biasa.
Sepak terjang yang telah dilakukan oleh deretan nama artis di atas memang tak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam menggaet penonton meramaikan sesi Shopee Live di puncak kampanye 9.9 kemarin pada masing-masing akun tokonya. Sebut saja Ruben Onsu, Sarwendah, dan Aurel Hermansyah, mereka memiliki gaya khas dalam berjualan live shopping, menjadikannya sukses sebagai TOP Streamers pada puncak 9.9 Super Shopping Day. Melihat keterampilan mereka yang membuat suasana live semakin seru, ketiganya pun sukses catatkan beberapa rekor baru pada puncak kampanye di Shopee Live yaitu:
Artikel Terkait
Ini Pemenang Mobil Avanza 9.9 Seharga Rp 9 Ribu di Shopee Live Streaming Flash Sale
Shopee Live 24 Jam Nonstop! Ruben Onsu, Sarwendah, Dan Aurel Dapat Keuntungan Fantastis di Puncak Kampanye 9.9
Pecahkan Rekor Baru di Shopee Live: Ruben Onsu Raup Omzet Sampai Rp 16 Miliar di Puncak Kampanye 9.9
Sukses di Shopee Live! Flash Sale Mobil 9RB Bareng Sarwendah Diikuti Lebih dari 180 Ribu Orang Bersamaan
Heboh di Shopee Live! Aurel Hermansyah Jual Lebih dari 16 Ribu Produk saat Kampanye Puncak Shopee 9.9