• Minggu, 27 November 2022

Warganet Marah Data NIK Bocor Kemungkinan Dibeli Parpol untuk Pemilu 2024, Ini Kata KPU

- Selasa, 6 September 2022 | 18:54 WIB
Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Paulus Widiantoro memaparkan perkembangan terkini proses verifikasi pendaftaran parpol dalam temu media di Semarang, Selasa, 6 September 2022. (Abdul Arif/babad.id)
Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Paulus Widiantoro memaparkan perkembangan terkini proses verifikasi pendaftaran parpol dalam temu media di Semarang, Selasa, 6 September 2022. (Abdul Arif/babad.id)

BABAD.ID - Seorang warganet mengungkapkan kemarahannya soal dugaan data NIK bocor di internet. Kemarahan tersebut terkait kemungkinan data NIK dibeli oleh partai politik untuk kepentingan Pemilu 2024.

Ungkapan tersebut diunggah oleh temannya di media sosial Twitter dengan akun @ainunnajib. Akun tersebut mengatakan, kawannya yang seorang aparatur sipil negara atau ASN tersebut terdaftar sebagai anggota parpol di Sipol.

"Tadi pagi seorang teman japri nanyain musti lapor kemana karena NIK nya dicatut didaftarin jadi anggota parpol ga jelas, alhamdulillah NIK saya masih aman," tulis akun @ainunnajib.

Baca Juga: 80 Warga Jateng Mengadu ke Bawaslu Gara-gara Dicatut Parpol, 13 Staf Bawaslu Juga Dicatut

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Jawa Tengah, Paulus Widiantoro, dugaan tersebut kemungkinan bisa saja terjadi. Ia mengatakan, ada banyak kemungkinan KTP bisa nyasar ke sana.

"KPU sudah proaktif menyampaikan kepada parpol yang disampaikan adalah data anggota, bukan pendukung. Jelas ikatannya," kata Paulus dalam agenda temu media di Semarang, Selasa, 6 September 2022.

Ia menyebut, ada banyak kejadian yang didaftarkan merasa bukan anggota parpol. Untuk kasus demikian, kata Paulus, merupakan delik aduan.

Baca Juga: Dan Terjadi Lagi, 1,3 Miliar Data Kominfo Diduga Bocor

Untuk itu, ia menyarankan bagi siapa saja yang merasa dirugikan bisa melapor ke KPU di Kabupaten, Kota atau Provinsi. Bisa juga melapor melalui Sipol atau posko pengaduan di Bawaslu.

Halaman:

Editor: Abdul Arif BabadID

Tags

Artikel Terkait

Terkini

11 Serba Pertama di Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022 | 13:19 WIB
X