• Minggu, 27 November 2022

Ini Kata Menkominfo Soal Hacker Bjorka dan Beredarnya Data Negara

- Senin, 12 September 2022 | 21:53 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate saat memberikan keterangan pers usai rapat terbatas  di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 12 September 2022. (ayosolo.id/Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Menkominfo Johnny G. Plate saat memberikan keterangan pers usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 12 September 2022. (ayosolo.id/Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

BABAD.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate akhirnya angkat bicara soal Hacker Bjorka.

Menkominfo bicara didampingi Menko Polhukam Prof Mahfud MD melalui saluran kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Senin, 12 September 2022.

Sebagaimana diketahui, Hacker Bjorka menjadi buah bibir di dunia maya setelah ulahnya meretas data-data milik negara.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD Tanggapi Kebocoran Data dan Hacker Bjorka

Di antaranya 1,3 miliar data nomor SIM, data penduduk yang terdaftar KPU, dokumen kepresidenan, identitas pribadi Menkominfo, hingga dalang pembunuh Munir.

Menanggapi hal itu, Menkominfo mengakui adanya beberapa data yang beredar oleh Hacker Bjorka. Meski demikian, ia menyatakan data tersebut bukan data terupdate.

"Setelah ditelaah sementara adalah data-data yang sifatnya umum ya, data-data umum bukan data-data spesifik dan bukan data-data yang terupdate sekarang, sebagian data yang lama,” kata Johnny.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD Tanggapi Kebocoran Data dan Hacker Bjorka

Menurutnya, tim lintas kementerian dan lembaga seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kominfo, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN) akan berkoordinasi untuk mendalami data-data tersebut.

Halaman:

Editor: Abdul Arif BabadID

Sumber: Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

11 Serba Pertama di Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022 | 13:19 WIB
X