• Selasa, 29 November 2022

Dosen Unwahas Kembangkan Puzzle Marbles Machine 'Gayatri' Bantu Anak Belajar Matematika

- Senin, 21 November 2022 | 13:53 WIB
Dosen Unwahas Kembangkan Puzzle Marbles Machine 'Gayatri' Bantu Anak Belajar Matematika (Tim Unwahas)
Dosen Unwahas Kembangkan Puzzle Marbles Machine 'Gayatri' Bantu Anak Belajar Matematika (Tim Unwahas)

BABAD.ID - Tiga dosen Universitas Wahid Hasyim atau Unwahas mengembangkan alat peraga edukatif (APE) Puzzle Marbles Machine 'Gayatri' untuk mendukung pembelajaran Matematika.

Mereka yaitu Dosen PGMI Linda Indiyarti Putri, M. Pd., Dosen Teknik Mesin Gilar Pandu Annanto S.T., M.T. dan Imam Syafa’at, S.T., M.T.

"APE ini diimplementasikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Ngaliyan Semarang," kata Linda, koordinator penelitian Puzzle Marbles Machine 'Gayatri' dalam keterangan tertulis, Senin, 21 November 2022.

Baca Juga: Begini Cara Bayar Tilang Elektronik saat Kalian Melanggar Lalu Lintas di Jalan Raya

Linda mengatakan, pelaksanaan uji lapangan berlangsung pada 7-11 November 2022 di kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan 5B sebagai kelas kontrol.

Menurut Linda, mata pelajaran Matematika bagi mayoritas peserta didik dan guru masih mendapat label sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan.

Hal itu berakibat pada hasil belajar matematika yang belum bisa memenuhi ketentuan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di sekolah.

Baca Juga: Segera Tayang! Ini Fakta-Fakta Menarik dalam Film Sri Asih

"Itu dikarenakan proses pembelajaran yang kurang bervariatif dan belum menggunakan pendekatan kontekstual dalam mengajarkan materi matematika," katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif BabadID

Tags

Artikel Terkait

Terkini

11 Serba Pertama di Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022 | 13:19 WIB
X