• Selasa, 7 Februari 2023

Selain Ekonomi, Ternyata Ini Motif Lain Dugaan Pembunuhan Berantai Dukun Wowon Cs

- Selasa, 24 Januari 2023 | 12:17 WIB
Ilustrasi pembunuhan yang dilakukan Wowon CS (unsplash/ @nampoh)
Ilustrasi pembunuhan yang dilakukan Wowon CS (unsplash/ @nampoh)

BABAD.ID - Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Eliasta Meliala, mengatakan selain permasalah ekonomi, yang menjadi motif pembunuhan yang dilakukan Wowon Cs ialah faktor klinis ditandai dengan perkawinan dalam lingkaran sosial yang amat kecil.

Selain itu, motif lain yakni dikarenakan anak dianggap sebagai harta paling berharga sehingga anak dijadikan tumbal yang dikorbankan dalam aksinya.

"Faktor klinis, ditandai dengan dua hal pertama bahwa terjadi perkawinan dalam lingkaran sosial yang amat sempit. Bayangkan enam istri dari Wowon adalah saudara bahkan salah satunya adalah anak tiri dari salah satu isterinya. Faktor kedua, terkait dengan meninggalnya anak dari Wowon, yang di mana anak dianggap sebagai harta paling berharga. Dan kemudian dalam rangka tumbal tersebut, (anaknya) dijadikan tumbal," ucap Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Eliasta Meliala seperti dilansir dari Official iNews, pada Senin, 23 Januari 2023.

Baca Juga: Wajib Coba Tips Ini! Ransel Sekolah Anak Anda akan Kuat dan Bisa Tahan Lama

Selain itu, Menurut Adrianus Eliasta Meliala, Wowon Cs diduga telah mencetak korban lainnya yang notabene merupakan orang-orang terdekatnya.

"Kelihatanya dari korban yang diambil uangnya itu berasal dari lingkungan domestiknya. Orang-orang yang berasal dari komunitasnya, bisa diduga bahwa cukup banyak korban-korban yang seperti itu (orang-orang terdekatnya) sebelum kemudian dia (Wowon) keluar dan mencari korban baru," lanjut Adrianus.

Editor: Wiwid Saktia Babad.id

Sumber: iNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Shopee Tidak Bisa Login? Cari Tahu di Sini

Senin, 6 Februari 2023 | 16:18 WIB

Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan Terbaik Februari 2023

Senin, 6 Februari 2023 | 15:14 WIB

Oppo Reno 8 T, Sebuah Tinjauan Sebelum Kamu Membeli

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:44 WIB
X