8 Filosofi Ubarampe dalam Budaya Tradisi Merti Dusun

- Selasa, 12 Juli 2022 | 21:49 WIB
Tumpeng nasi kuning (Wikimedia)
Tumpeng nasi kuning (Wikimedia)

BABAD.ID - Kebudayaan yang tumbuh di masyarakat jawa merupakan buah dari pemikiran masyarakat jawa sendiri. Pemikiran masyarakat jawa cenderung memiliki sifat kosmis mistis. Hal ini kemudian erat hubunganya dengan kosmologi yang berkaitan dengan alam semesta.

Di dalam kebudayaan jawa, pemikiran yang seperti ini juga dikenal sebagai pemikiran kosmis-biologis.

Hal itu berarti masyarakat jawa dalam mendeskripsikan peredaran alam diproyeksikan bahwa manusia adalah hal yang konkrit dan terjadi karena pengaruh dari Tuhan serta alam semesta sehingga mudah  dalam menimbulkan sikap pemujaan.

Baca Juga: Makna dan Filosofi Makanan Jawa: Es Dawet Sebagai Menu Upacara Pernikahan Adat Jawa

Masyarakat jawa lekat dengan konsep dogma (keyakinan), mitos, nilai, norma, serta pandangan hidup bahwa manusia hidup merupakan bagian dari makrokosmos (jagad gedhe) dan mikrokosmos (jagad cilik) karena adanya kekuatan tunggal (manunggaling kawulo gusthi).

Jika pada suatu ketika masyarakat jawa menemukan hal yang tidak sesuai dengan rencana, maka masyarakat jawa berkeyakinan bahwa itu merupakan akibat dari adanya ketidakseimbangan dengan alam semesta. Dan untuk mengatasi hal itu, masyarakat jawa malakukan tradisi ritual maupun acara adat.

Baca Juga: Sarat dengan Nilai Kerendahan Hati, Ini Makna dan Filosofi Ketupat

Salah satu budaya tradisi, khususnya untuk masyarakat jawa agraris adalah budaya tradisi merti dusun. Budaya tradisi merti dusun merupakan cara masyarakat jawa memperingari hasil panen sebagai ucapan rasa syukur.

Budaya tradisi Merti Dusun biasanya dilaksanakan pasca panen rendhengan, yaitu panen saat masa tanem satu, atau saat musim penghujan. Ada banyak sajian serta uberampe dalam budaya tradisi ini.

Baca Juga: Berbentuk Kerucut Lengkap dengan Lauk Pauk, Apa Filosofi Nasi Tumpeng?

Halaman:

Editor: Fareh Hariyanto

Sumber: Jurnal Media Informasi oleh Warto dan Suryani (2020)

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X