• Selasa, 7 Februari 2023

Puputan Bayu dan Lahirnya Banyuwangi sebagai Wilayah Baru

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 16:57 WIB
Heri Susanto warga Desa Bangunsari Kecamatan Songgon saat berada di Rowo Bayu Songgon Banyuwangi.   (Foto. Fareh Hariyanto)
Heri Susanto warga Desa Bangunsari Kecamatan Songgon saat berada di Rowo Bayu Songgon Banyuwangi. (Foto. Fareh Hariyanto)

BABAD.ID – Bumi Blambangan yang saat ini dikenal dengan Kabupaten Banyuwangi memiliki catatan panjang dalam perjalanan kabupaten di Indonesia. Beragam adat dan tradisi terus mengiringi perjalanan wilayah yang ada di ujung pulau jawa ini

Dilansir dari laman Pemkab Banyuwangi, data sejarah yang ada, kejarah Blambangan dimulai kiranya tanggal 18 Desember 1771. Ihwal tersebut dilandasi oleh peristiwa sejarah yang paling tua yang patut diangkat sebagai hari jadi Banyuwangi.

Baca Juga: Gol Borneo FC di Akhir Laga, Buat Persebaya Kalah di Samarinda

Sebelum peristiwa puncak perang Puputan Bayu yang berlokasi di Desa Bayu Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi tidak jauh dari Rowo Bayu. 

Pun sebenarnya ada peristiwa lain yang mendahuluinya, yang juga heroik-patriotik. Sebut saja peristiwa penyerangan para pejuang Blambangan di bawah pimpinan Pangeran Puger.

Pangeran Puger merupakan putra Wong Agung Wilis. Kala itu Pengeran Puger sempat menyerang ke benteng VOC di Banyualit yang saat ini berada di Kecamatan Blimbingsari pada tahun 1768. 

Baca Juga: CCTV Hilang di Duren Tiga, Ini Pasal-Pasal yang Bakal Menjerat Para Pelaku

Diakui setahun sebelumnya ekspedisi militer dengan kekuatan ribuan pasukan disiapkan VOC Belanda untuk menduduki Blambangan dan dimulai pada tahun 1767.

Kala itu wakil Belanda Johannes Vos meminta ijin kepada Batavia pada 20 Oktober 1767 untuk melakukan ekspedisi militer ke II ke Blambangan.

Namun sayang peristiwa tersebut tidak tercatat secara lengkap pertanggalannya, dan selain itu terkesan bahwa dalam penyerangan tersebut kita kalah total, sedang pihak musuh hampir tidak menderita kerugian apapun.

Halaman:

Editor: Fareh Hariyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X