• Minggu, 27 November 2022

Menilik Stasiun Kabel Telegraf Bawah Laut Pertama Indonesia yang Ada di Banyuwangi

- Jumat, 30 September 2022 | 16:56 WIB
Asrama Inggrisan yang berada di Pusat Kota Banyuwangi pada masa Kolonial.   (Foto. Perpusda Banyuwangi)
Asrama Inggrisan yang berada di Pusat Kota Banyuwangi pada masa Kolonial. (Foto. Perpusda Banyuwangi)

BABAD.ID - Tiga hari lalu Indonesia memperingati hari Bhakti Post, Telegraph dan Telephone (PTT) peringatan ini mungkin bagi sebagian orang terdengar asing.

Lantaran dalam beberapa dekade terakhir, ketika peringatan ini dilaksanakan. Rerata titik beratnya bermuara pada Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi atau disebut Postel.

Sedangkan untuk telegraph yang hingga kini memang sudah tidak digunakan jarang sekali terdengar dalam peringatan dan acara seremonial yang meriah seperti hari-hari peringatan lainnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Lengkap Capricorn, Sabtu, 01 Oktober 2022: Karir, Cinta dan Kesehatan

Padahal jika diruntut sejarahnya peringatan ini memiliki nilai yang sarat akan historis dalam upaya kemerdekaan Indonesia.

Mengingat peringatan hari PTT di Indonesia berawal dari perjuangan para pahlawan dalam mengambil Jawatan PTT dari tangan Jepang oleh Angkatan  Muda PTT pada 27 September 1945, tepat 77 tahun yang lalu.

Kala itu, saat pemerintahan Jepang di Indonesia, jawatan PTT dikuasai oleh militer Jepang. Angkatan Muda PTT kemudian mengambil alih kekuasaan jawatan PTT tersebut dan kemudian secara resmi berubah menjadi "Jawatan PTT Republik Indonesia”.

Baca Juga: Kembali Viral: Ini Pesan Inul Daratista Kepada Rizky Billar Sebelum Menikahi Lesti Kejora

Jika Pos dan Telephon hingga saat ini masih bisa kita menikmati, beda dengan Telegraph. Sebab seiring berjalanan waktu alat ini kemudian digantikan oleh telepon, mesin faks, dan Internet yang bahkan lebih cepat.

Namun tidak dipungkiri jika penemuannya menjadi pondasi awal bagi sejarah telekomunikasi dunia. Alat ini ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse dan Alfred Vail di tahun 1830-an.

Halaman:

Editor: Fareh Hariyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wajib Tahu, Ternyata Weton Sabtu Legi Hoki di Usia Ini

Sabtu, 26 November 2022 | 07:00 WIB

Catat Baik-baik, Ini Usia yang Bikin Weton Rabu Pon Hoki

Selasa, 22 November 2022 | 18:33 WIB
X