• Selasa, 7 Februari 2023

Tata Cara Pemakaian Keris Menurut Aturan Busana Adat Jawa

- Senin, 28 November 2022 | 11:46 WIB
Aneka ragam keris senjata khas masyarakat Jawa
Aneka ragam keris senjata khas masyarakat Jawa

 

BABAD.ID – Keris merupakan seni tempa logam yang berupa senjata tikam golongan belati. Biasanya memiliki ujung runcing dan tajam pada kedua sisinya.

Pada zaman kerajaan Hindu-Budha hingga akhir periode kerajaan Mataram Islam, keris masih digunakan sebagai alat bela diri atau senjata perang.

Namun, dalam perkembangannya, keris tidak lagi digunakan sebagai senjata perang, melainkan sebagai simbol pesona atau kelas sosial masyarakat Jawa.

 Baca Juga: Bukan Kerutan di Wajah atau Berambut Putih, Ini Figur Pemimpin Menurut Primbon Jawa

Perlu diketahui, bahwa pada zaman dahulu, keris adalah tanda mata pemberian raja yang paling tinggi nilainya kepada para bawahannya, baik itu perwira prajurit maupun abdi dalem.

Pada perkembangannya, keris di lingkup keraton bisa menjadi simbol pangkat dan kedudukan, serta identitas diri. Baik itu pribadi, keluarga, atau bahkan klan. 

Jadi, tidak heran bila saat mengunjungi area Keraton Yogyakarta, pembaca babad.id melihat para pelayan atau abdi dalemnya mengenakan keris dengan cara yang berbeda-beda.

Baca Juga: Cocok Perankan Sri Asih, Ini Kata Primbon Jawa Soal Karakter Pevita Pearce

Ada yang miring kanan, miring kiri, lurus, atau bahkan di depan. Berikut adalah tata cara memakai keris menurut aturan busana adat Jawa.

Halaman:

Editor: Wiwid Saktia

Sumber: Sarasehan Keris Keraton Yogyakarta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X