Pengertian dan Tujuan Literasi Budaya dan Kewargaan, Salah Satu Literasi Dasar Kurikulum Merdeka

- Rabu, 6 Juli 2022 | 11:30 WIB
Infografik Literasi Budaya dan Kewargaan (gln.kemdikbud.go.id/ Infografik)
Infografik Literasi Budaya dan Kewargaan (gln.kemdikbud.go.id/ Infografik)

BABAD.ID - Kemampuan literasi dasar menjadi salah satu capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka. Literasi dasar merupakan kemampuan dasar dalam berliterasi yang berkaitan dengan membaca, menulis serta berkomunikasi yang diartikan dalam artian yang luas.

Ada 6 (enam) aspek dimensi literasi dasar dalam kurikulum merdeka, salah satunya adalah literasi budaya dan kewargaan. Dikutip dari laman gln.kemdikbud.go.id, literasi budaya merupakan kemampuan dalam memahami dan pengetahuan dalam bersikap dalam keragaman budaya Indonesia sebagai sebuah indentitas bangsa.

Sementara literasi kewargaan merupakan kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban, peran, serta tanggungjawab sebagain bagian dari warga negara Indonesia.

Mengapa Literasi Budaya dan Kewargaan Menjadi Penting?

Kecakapan serta pengetahuan tentang literasi budaya dan kewargaan sangat penting guna menghadapi tantangan global di abad ke-21.

Baca juga: Guru Wajib Tahu : Apa Itu Pemulihan Pembelajaran di Kurikulum Merdeka?

Tujuan dari kecakapan literasi budaya dan kewargaan adalah untuk menghadapi arus budaya global yang berpotensi menghilangkan budaya lokal mupun nasional, alat penghubung antar generasi, medium untuk memahami hak, kewajiban, peran, serta tanggungjawab dalam mendukung perubahan dan pembangunan negara Indonesia yang lebih baik, serta medium bahwa budaya Indonesia merupakan identitas sehingga tidak mudah hilang.

Kegiatan Literasi Budaya dan Kewargaan

Untuk melatih dan menambah wawasan serta kecakapan pada literasi budaya dan kewargaan, perlu dilakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan literasi budaya dan kewargaan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan di dalam lingkungan sekolah, di rumah, bahkan di masyarakat.

Kegiatan literasi budaya di lingkungan sekolah adalah dengan mengajak peserta didik mengikuti pembelajaran ekstrakulikuler yang berkaitan dengan kesenian dan kebudayaan, mengajak peserta duduk untuk mengunjungi museum, mengikuti festival atau gelaran seni, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Isbalna

Sumber: gln.kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek, LPDP Buka Hari Ini, Buruan Daftar Yuk!

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:05 WIB
X