Kiat-kiat Menghadapi Seleksi Tes Bakat Skolastik LPDP Tahun ini

- Senin, 18 Juli 2022 | 21:11 WIB
Tangkapan layar Beasuswa LPDP dilaman resmi beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.   (Foto. Fareh Hariyanto)
Tangkapan layar Beasuswa LPDP dilaman resmi beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. (Foto. Fareh Hariyanto)
BABAD.ID - Seleksi bakat skolastik merupakan salah satu tes yang digunakan untuk seleksi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 
 
Tes bakat skolastik merupakan tes yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan, dan bakat yang dimiliki oleh seseorang.
 
 
Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang. Maka dari itu sedikit berbeda dengan tes potensi akademik. 
 
Sebagai persiapan, ada kiat-kiat menarik  yang dibagikan oleh akun @lpdphunters yang sangat bermanfaat untuk mempersiapkan tes bakat skolastik ini.
 
 
Pertama, pelajari setiap jenis soal dan analisis kemampuan dalam menjawab soal. Jika memang tidak bisa salah satu jenis soal tertentu. Tidak apa-apa, jangan dipaksakan. Tetapi pastikan jenis soal lain anda bisa menjawab dengan benar.
 
Kedua, membuat jadwal belajar. Mempelajari setiap jenis soal beberapa hari sampai paham biasanya lebih mudah dari pada setiap hari berganti jenis soal. Konsentrasi bisa pecah.
 
 
Ketiga, ketahui waktu terbaik untuk belajar dan beristirahat. Keempat, sumber belajar bisa dari Youtube atau buku yang membahas TPA/CPNS/SIMAK UI.
 
Kelima, ikuti belajar via online/zoom jika ada awardee yang mengadakannya. Biasanya informasi dishare melalui media grub telegram.
 
 
Keenam, ikuti try out dengan aplikasi atau web seperti SIMAK UI atau TPA. Ketujuh, jangan lupa siapkan device dan provider terbaik untuk mengurangi gangguan mengerjakan soal. Terakhir, jangan lupa do'a dan tetap semangat. Semoga bermanfaat.***
 

Editor: Fareh Hariyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek, LPDP Buka Hari Ini, Buruan Daftar Yuk!

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:05 WIB
X