• Sabtu, 1 Oktober 2022

Goa Istana, Tempat Sakral di Alas Purwo yang Konon Pernah Jadi Persinggahan Soekarno

- Senin, 29 Agustus 2022 | 19:52 WIB
1. Kondisi Goa Istana yang menjadi favorit untuk di kunjungi.   (Foto. Fareh Hariyanto)
1. Kondisi Goa Istana yang menjadi favorit untuk di kunjungi. (Foto. Fareh Hariyanto)

"Alas Purwo menyimpan banyak cerita. Tidak hanya penuh sesak cerita mistis saja, kisah nasionalisme juga berhembus dari hutan tertua di Tanah Jawa"

Bulan Agustus menjadi bulan dengan semarak kemerdekaan yang bisa ditemui diberbagai wilayah. Tidak hanya di kabupaten paling ujung di Pulau Jawa, beberapa wilayah juga merasakan euforia kemerdekaan yang sama.

Apalagi tahun 2022 merupakan diizinkannya kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan setelah dua tahun lamanya kegiatan harus ditunda lantaran pandemi Covid 19 yang melanda dunia dan Indonesia.

Tahun ini, pemerintah jauh lebih melonggarkan berbagai kegiatan termasuk perayaan yang bisa kembali diadakan oleh masyarakat guna menyambut kemerdekaan. Berbincang tentang kemerdekaan, tentu sosok sang proklamator, Ir. Soekarno jadi tokoh yang tidak bisa dipisahkan.

Baca Juga: Kereta Api dan Jalur yang Diwaspadai

Hingga penulis penasaran menelusuri kebenaran berkaitan dengan Goa Istana, salah satu goa dari ratusan goa di Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) yang ada di wilayah Kecamatan Tegaldlimo dan Porwoharjo Kabupaten Banyuwangi yang konon berkaitan dengan Ir. Soekarno.

Banyak cerita yang beredar menyebutkan lokasi ini konon sempat menjadi lokasi yang didatangi Ir. Soekarno pertama kali saat ke Banyuwangi. Hal tersebutlah yang  membuat saya pada Minggu 28 Agustus 2022 bersama seorang teman menyempatkan untuk menuju lokasi tersebut.

Cerita Masyhur dari Mulut ke Mulut

TNAP berjarak 67 Kilometer dari pusat Kota Banyuwangi, butuh waktu 1,5 jam untuk melahap jalur tersebut hingga tuntas di sekitaran TNAP Resort Pancur menggunakan sepeda motor. Setibanya di sana saya bertemu dengan seorang warga dari Dusun Melik Desa Parijatahwetan Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi.

4. Akses Jalur menuju ke Pos Resort Pancur di TNAP. (Foto. Fareh Hariyanto)

Halaman:

Editor: Fareh Hariyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X