• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pendarungan, Kampung Hilang yang Jadi Jujukan Wisatawan Dadakan di Banyuwangi

- Kamis, 8 September 2022 | 00:44 WIB
Kondisi bangunan bekas kamar mandi di Afdeling Pendarungan.   (Foto. Fareh Hariyanto - Babad.id)
Kondisi bangunan bekas kamar mandi di Afdeling Pendarungan. (Foto. Fareh Hariyanto - Babad.id)

“Lima Bulan Pasca Euforia Film KKN di Desa Penari ternyata berimplikasi dengan kunjungan wisata di Kabupaten Banyuwangi. Ada beragam kecocokan berkaitan dengan cerita di layar lebar, termasuk Darungan kampung yang dikabarkan hilang”

 

BABAD.ID – Menjadi perantauan tinggal di Banyuwangi membuat beragam persinggungan penulis dengan berbagai adat dan budaya asli Bumi Blambangan tidak terhindarkan. Bahkan tidak jarang lantaran tinggal di kabupaten di ujung timur pulau jawa ini banyak rasa penasaran tercipta guna menelisik beragam kebenaran yang ada.

Beberapa waktu lalu setelah saya ke Alas Purwo, beberapa kolega saya yang ada di utara Banyuwangi menyarankan saya untuk juga menelusuri Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Meski sudah lima bulan lamanya sejak awal film KKN di Desa Penari tayang dan mencetak beragam rekor penonoton.

Baca Juga: Goa Istana, Tempat Sakral di Alas Purwo yang Konon Pernah Jadi Persinggahan Soekarno

Implikasinya ternyata cukup dirasakan, bahkan ada komunitas di Banyuwangi yang sempat membuka trip khusus guna merasakan vibe KKN di Desa Penari dengan berwisata ke Kampung Pendarungan. Kampung yang dikabarkan hilang seperti dikisahkan di dalam film KKN di Desa Penari.

Siang itu Sabtu, 03 September 2022 saya bertemu Nur Hakiki warga Desa Bangunsari Kecamatan Songgon yang sejak awal sangat antusias ketika saya minta mengantarkan untuk menuju ke Afdeling Pendarungan di Perkebunan Bayu Lor, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Sebagai remaja yang tumbuh dan besar di wilayah Kecamatan Songgon, lokasi yang diduga tempat KKN di Desa Penari. Dirinya bersama komunitasnya seperti tergerak untuk menelusuri beragam kemungkinan berkaitan dengan lokasi KKN tersebut meski akhirnya sempat pupus juga.

Baca Juga: Wisata Goa Kreo, Pohon Jati Raksasa dan 4 Kera Pembantu Sunan Kalijaga

Meski diakui secara empiris hal tersebut belum dapat dibuktikan. Namun dari hasil diskusi awal tersebut membuatnya makin bersikukuh menelusuri jejak KKN di Desa Penari yang konon katanya berada di Desa Bayu Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Banyuwangi menggunakan sepeda motor.

Halaman:

Editor: Fareh Hariyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X