• Sabtu, 1 Oktober 2022

Fenomenologi Komunikasi Pernikahan Antarbudaya

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 22:56 WIB
Ilustrasi Pernikahan Adat Jawa.  (Foto. Pixabay.com)
Ilustrasi Pernikahan Adat Jawa. (Foto. Pixabay.com)

Oleh. Anikmatus al Sajawi

BABAD.ID - Membincang komunikasi pernikahan antar budaya mulai popular di kalangan peneliti komunikasi.

Meskipun telah dilakukan beberapa riset tentang topik ini, penulis memfokuskan pada perkawinan antara wanita Jawa dengan pria Madura di Banyuwangi khususnya pada aspek komunikasi perkawinan belum pernah dilakukan.

Padahal pernikahan antara kedua kelompok budaya itu telah terjadi dalam waktu yang lama dan memiliki sejarah yang panjang. Minimnya riset di bidang ini membuat fenomena tersebut terabaikan sehingga khazanah pengetahuan di bidang ini tidak tersedia.

Penulis sempat menelusuri sudut-sudut Perpustakaan Daerah (Perpusda) Banyuwangi guna mencari perihal literature ini. Pun tidak semudah membalikan telapak tangan, secara khusus tulisan yang membahas spesifik berkaitan pernikahan Jawa Madura cukup minim sekali.

Baca Juga: 4 Pelajaran yang Dapat Kamu Ambil dari Pernikahan Maudy Ayunda

Tulisan ini berfokus pada penggalian pengalaman komunikasi empat wanita Jawa yang menikah dengan pria Madura dan berhasil menjalani perkawinan mereka yang berlatar antarbudaya.

Penggunaan menggunakan metode fenomenologi juga dilakukan untuk mencoba menggambarkan proses dan dinamika pasangan kawin campur ini dalam melakukan komunikasi untuk mengatasi perbedaan budaya yang mereka miliki.

Ekspresi Cinta

Perkawinan antarbudaya memang berbeda dengan perkawinan intrabudaya yang lebih umum dan dilakukan oleh orang yang memilki budaya yang sama.

Halaman:

Editor: Fareh Hariyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X